Latest Post
Loading...

Saturday 24 January 2015

Renungan Fijili

NASKAH RENUNGAN / FIJILI
AMBALAN SOEDIRMAN RUKHANA KUDDUS GUDEP 14-049/14-050
MADRASAH ALIYAH NEGERI LASEM

Bacalah dengan teliti setiap pasal dua kali renungkanlah isi dan artinya dengan baik.

Mungkin tambah usia kita , makin cepatlah waktu berlalu dengan perkataan lain : Hidup ini tidak lama, dan segera akan berlalu. Ya , mungkin esok hari sudah berakhir bahkan tidak menutup kemungkinan nanti malam sang malaikat pencabut nyawa yaitu Malaikat lzro'il beserta maut datang menjeput kita. sudah siapkah kita????.

1.    Apakah aku sudah melaksanakan kewajibanku sebagai orang Islam? Apakah aku sudah mengucapkan syahadat, mendirikan sholat mengeluarkan zakat dan melaksanakan puasa? Apakah semua sudah aku laksanakan?
2.    Sebagai orang yang beriman apakah aku sudah melaksanakan rukun iman yang pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima, keenam? Apakah aku tidak malu pada­-Nya, yang telah menciptakan kita dan melihat kita dimanapun kita berada?
3.    Apakah aku telah menggunakan sebaik-baiknya hidupku yang dikaruniakan Allah SWT?
4.    Apakah telah ku sia-siakan hidupku ini tanpa berbuat sesuatu yang bermanfaat?
5.    Apakah aku terlampau banyak mencari kesenangan diri, ataukah aku semata-mata mengejar harta, mencari muka dan kedudukan, tanpa berusaha memberi bantuan kepada orang lain ?
6.    Selama hidupku, terhadap siapakah aku bertindak tidak adil?
Siapakah yang pernah ku lukai perasaanya?
Apakah yang dapat ku perbuat untuk memperbaiki kesalahan-kesalahanku?
7.    Siapakah orang yang pernah ku tolong dalam hidupku?
Masihkah ada orang yang dapat ku tolong?
8.    Apakah mulai kini aku telah bertekad untuk berbakti dengan semangat pengorbanan diri?
9.    Apakah maksud "MENGGABUNGKAN DIRI SEBAGAI PENEGAK HANYA SEBAGAI KESENANGAN YANG DAPAT KUPEROLEH DARI PADANYA"?
10. Apakah dalam semua niat usahaku, aku sungguh-sungguh memikirkan kepentingan orang lain dari pada kepentingan diri sendiri?
11. Apakah sekarang aku berniat melepaskan diri dari semua kebiasaan yang buruk yang pernah kulakukan pada masa lampau?
12. Kelemahan-kelemahan manakah yang ada pada diriku ?
13. Apakah aku sudah menepati janjiku ketika aku akan masuk MAN LASEM? Apakah aku sudah termasuk jujur? Setia? Dan dapat dipercaya?
14. Apakah aku bersifat peramah, riang, gembira, sopan, dan dapat menghormati orang lain?
15. Apakah aku sederhana, suci dalam hidupku, suci dalam tingkah lakuku dan suci dalam bicaraku?
16. Apakah aku mempunyai keberanian dan juga kesabaran untuk terus berusaha bila sewaktu-waktu mengalami hambatan dan rintangan dalam perjalanan hidupku?
17. Aapakah aku mempunyai keteguhan dan kekuatan jiwa untuk memerangi godaan­godaan, minuman keras, narkoba, pencemaran kehormatan seseorang?
18. Apakah aku termasuk manusia yang sok tau dan cerewet? Benarkah aku insan yang TER dalam segala hal?
19. Apakah arti "bhakti" bagiku?
20. Apakah aku sekarang berniat dan memutuskan untuk selalu mematuhi dan memenuhi apa yang diperintahkan orang lain serta berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhinya selama itu berguna dan mendidikku?
21. Apakah aku telah taat pada orang lain terutama orang tuaku, guruku dan Pembimbingku? Pernahkah aku menyakiti perasaan mereka sehingga mereka marah besar ? bagaimana perasaanku setelah menyakiti hati mereka? Adakah rasa penyesalan dan segera ingin minta maaf dan memperbaiki kesalahanku?


Pembina Pramuka MAN Lasem - Khoirul Anam, SH.

No comments:

Post a Comment